Pemeriksaan urobilin

Adanya bilirubin dalam urine dalam urine mengidentifikasikan adanya kerusakan sel hati atau adanya sumbatan pada saluran empedu. Eksresi urine diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh tehniklogika, Ya, sebenarnya saat yang paling indah dari seluruh putaran kehidupan ini adalah saat kita mampu secara jujur dan tulus mendengar suara hati.

Keep optimist!!! Karena feses manusia pada umumnya adalah warna ini. Hal ini dapat terjadi pada: Pemeriksaan feces kultur merupakan pemeriksaan feces melalui biakan Pengambilan sampel feses.

PEMERIKSAAN FESES (FAECES)

Warna Coklat Tinja berwarna coklat mungkin disebabkan adanya perdarahan dibagian proksimal saluran pencernaan atau karena makanan seperti coklat, kopi dan lain-lain.

Kerusakan pemeriksaan urobilin hepar. Pada percobaan Harrison ini pemeriksaan urobilin sampel urine coba yang mengandung sulfat didalamnya diberikan dahulu BaCl2, hingga BaCl2 bereaksi dengan sulfat dalam urine hingga membentuk endapan BaSO4. Biasanya, dokter akan melihat apakah masih dalam batas normal, apakah kurang atau lebih dari batas normal, dan berapa banyak kekurangan atau kelebihannya tersebut.

UROBILINOGEN - UROBILIN

Beberapa warna feses yang sering ditemukan diantaranya: Bilirubin bersifat tidak larut air, kemudiandikonjugasi oleh hati sehingga dapat larut air. Sehingga akan menghasilkan nilai yang falsa negatif. Sebagian besar urobilinogen berada pada feces akan dioksidasi oleh bakteri usus membentuk sterkobilin yang berwarna kuning kecoklatan.

Ketika Bilirubin ini bergabung dengan zat besi dari usus maka akan dihasilkan perpaduan warna cokelat kekuning - kuninganTinja normal kuning coklat dan warna ini dapat berubah mejadi lebih tua dengan terbentuknya urobilin lebih banyak.

Hal ini menandakan negatif bilirubin karena tidak terbentuk hasil berwarna hijau. Reaksi mungkin menjadi positif pada diare dan pada keadaan yang menghalangi perubahan bilirubin menjadi urobilinogen, seperti pengobatan jangka panjang dengan antibiotik yang diberikan peroral, mungkin memusnakan flora usus yang menyelenggarakan perubahan tadi.

Kesimpulan Pada percobaan harrison dan hawkinson tidak ditemukan adanya bilirubin karena hasil yang didapat tidak menunjukkan warna kehijauan. Sedangkan ketika terjadi endapan pada saluran empedu, urobilin tidak dijumpai dalam urine kiana, Sedangkan warna hitam dapat disebabkan obat yang yang mengandung besi, arang atau bismuth dan mungkin juga oleh melena.

Air, urea, dan amonia yang merupakan sisa pembakaran protein 2.

Pemeriksaan Urobilin Urine

Apabila metabolism karbohidrat terganggu, maka terjadi pembakaran protein dan lemak sebagai penggantinya. Adanya lendir dalam tinja e. Orang yang terkena diare, kolera dan infeksi cacing biasanya mendapatkan infeksi ini melalui tinja atau feses.

Tempat harus bersih, kedap, bebas dari urine, diperiksa 30 — 40 menit sejak dikeluarkan. Salah satu alasan menjadi gangguan lebih dari hemoglobin hemolisis karena malfungsi hati berbagai seperti hepatitis, sirosis.

Kemudian untuk melihat ada tidaknya urobilin dalam reaksi tersebut maka ditambahkan reagen schlesinger. Cara periksaan a. Aktifitas utama dalam proses penguraian dekomposisi adalah: Ambil kira-kira satu tetes dari bagian endapan tersebut dan diteteskan pada sebuah obyek glass, kemudian tutup dengan civer glass dan diperiksa di bawah mikroskop dengan memakai pembesaran kecil terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembesaran yang lebih besar.

Untuk pemeriksaan rutin dipakai tinja sewaktu dan sebaiknya tinja diperiksa dalam keadaan segar karena bila dibiarkan mungkin sekali unsur unsur dalam tinja menjadi rusak.

Dalam keadaan normal kadar urobilinogen berkisar antara 0,1 — 1,0 Ehrlich unit per dl urin. Hemolitik Sel Darah Merah.

Biasanya pasien sedang mengalami penyakit liver, pankreas, atau empedu, maka pantat dari pasien akan berwarna abu-abu atau pucat. Kenaikan bilirubin sedang dapat disebabkan oleh: Baru diberikan reagen fauchet yang terkandung FeCl3 didalam larutannya.

Tapi tidak pada Hawkinson karena kertas saring ini sudah didapat kertas saring yang jenuh dengan BaCl2.

Dalam keadaan normal tidak terdapat darah dalam urin, adanya darah dalam urin mungkin disebabkan oleh perdarahan saluran kemih atau pada wanita yang sedang haid.

Kenaikan ringan pada bilirubin dapat disebabkan oleh: Syarat pengumpulan feces a. Bilirubin pemeriksaan urobilin dirubah oleh bakteri dalam usus halus menjadi urobilinogen.

Reaksi Aldehid Ehrlich adalah tes umum yang digunakan untuk menguji tingkat Urobilinogen. Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin Hb di dalam hati liver.laporan praktikum biokimia klinik pemeriksaan urine atas indikasi bilirubin & pemeriksaan urine atas indikasi urobilin.

di susun oleh: maulina (). pemeriksaan urobilin Dalam urine segar tidak ada urobilin, zat itu timbul oleh adanya oxidasi urobilinogen yang sering disebut sebagai penderita Hiperbilirubinemia neonatal merupakan penyebab hemolisis pada bayi yang baru festival-decazeville.com: Tari Susanti.

· Pemeriksaan bilirubin akan beraksi negatif pada tinja normal, karena bilirubin dalam usus akan berubah menjadi urobilinogen dan kemudian oleh udara akan teroksidasi menjadi urobilin.5/5. UROBILINOGEN Syarat Pemeriksaan Urine: Urine segar Urine dengan pengawet Na2CO3 Urine segar yg diekskresikan sore hari Botol penampung coklat (menghindari oksidasi urobilinogen menjadi urobilin) Metode pemeriksaan Erlich Wallace & Damon Carik celup.

· Reaksi antara urobilin dengan reagen Schlesinger akan membentuk fluorocensi berwarna hijau terang. Dimana penambahan Lugol pada pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengoksidasi urobilinogen karena dalam urine segar tidak ada urobilin. Jenis pemeriksaan feses yaitu meliputi, pemeriksaan makroskopi (Warna, Bau, Konsistensi, Darah, Parasit), pemeriksaan mikroskopi (Sel Epitel, Leukosit, Eritrosit, Makrofag, Kristal, Sisa Makanan, Sel Ragi dan Telur Cacing), pemeriksaan kimia (Darah Samar, Urobilin, Bilirubin, Urobilinogen) dan pemeriksaan kultur feses.

Pemeriksaan urobilin
Rated 0/5 based on 55 review