Patofisiologi penurunan berat badan pada dm

Pembentukan leptin mengalami peningkatan akibat pengaruh glukokortikoid, estrogen serta insulin dan menurun karena pengaruh a-adrenergic agonist.

Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan DM

DI dan DM mempunyai simptom yang sama, yaitu poliuria. Keadaan ini akan menyebabkan penurunan saturasi oksigen didalam darah sehingga dapat terjadi hipoksemia dan hiperkapnia.

Voice Respon: Diantara kelainan kulit yang menyertai obesitas adalah acanthosis nigricans, yang ditandai dengan penebalan kulit yang kehitaman dari lipatan kulit didaerah leher, siku dan ruang interfalang dorsal. Karena itulah kemudian timbul polidipsia Guyton and Hall, Sedangkan diabetes adalah adanya berbagai gangguan yang ditandai dengan poliuria Dorland, Mengetahui diagnosis yang paling tepat ditentukan untuk kasus.

ASUHAN KEPERAWATAN DM (DIABETES MELITUS)

Pada diabetes mellitus tipe II diabetes yang tidak tergantung kepada insulin, NIDDMpankreas tetap menghasilkan insulin, kadang kadarnya lebih tinggi dari normal. Mengetahui definisi diabetes mellitus b. Hormon ini merangsang pelepasan leptin dari sel-sel lemak dan bekerja secara sentral menurunkan asupan makanan dengan cara mempengaruhi kerja cholecystokinin dan Neuropeptida Y.

Gejala yang menonjol adalah terjadinya sering kencing terutama malam harisering lapar dan sering haus, sebagian besar penderita DM type ini berat badannya normal atau kurus. Akibat yang umum adalah terjadinya hiperglikemia. Ketonemia dan ketonuria Penumpukan asam lemak keton dalam darah dan urine terjadi akibat katabolisme abnormal lemak sebagai sumber energy.

Mata kabur Hal ini disebabkan oleh gangguan lintas polibi glukosa — sarbitol fruktasi yang disebabkan karena insufisiensi insulin. Sejak awal abad ke 20, prevalensi obesitas meningkat perlahan, tetapi mulai meningkat lebih cepat pada tahun Sedangkan menurut Francis dan JohnDiabetes Mellitus klinis adalah suatu sindroma gangguan metabolisme dengan hiperglikemia yang tidak semestinya sebagai akibat suatu defisiensi sekresi insulin atau berkurangnya efektifitas biologis dari insulin atau keduanya.

Hal ini diperkuat dengan hasil laboratorium yang abnormal. Mengetahui mekanisme timbulnya poliuria, polineuropati, retinopati, serta penurunan berat badan pada penderita DM. Percobaan genetik pada hewan dapat membantu kita dalam memahami proses regulasi metabolisme lemak.

Asuhan Keperawatan pada pasien dengan diabetes melitus lengkap beserta laporan pendahuluannya

Seseorang yang berat badannya tidak berubah kemungkinan besar membakar jumlah kalori yang sama dengan jumlah energi yang diterima. Kaji pemahaman pasien tentang kondisi, tindakan, pemeriksaan diagnostik dan tindakan perawatan diri untuk mencegah komplikasi.

Penatalaksanaan pasien DM tipe 2 harus memperhatikan kondisi dan kesehatan serta komplikasi pasien, agar dapat ditemukan terapi yang tepat untuk pasien.

Sudoyo, Aru W. Pada tipe 2 ini tidak selalu dibutuhkan insulin, kadang-kadang cukup dengan diet dan antidiabetik oral. Hipotesis lipostatik Berdasarkan hipotesis ini, jaringan adiposa menghasilkan sinyal hormonal yang proporsional dengan jumlah lemak.

Poliuria selam 1 -3 hari sebelum gejala klinis timbul. Riwayat kesehatan keluarga Riwayat atau adanya faktor resiko, riwayat keluarga tentang penyakit, obesitas, riwayat pankreatitis kronik, riwayat melahirkan anak lebih dari 4 kg, riwayat glukosuria selama stress kehamilan, pembedahan, trauma, infeksi, penyakit atau terapi obat glukokortikosteroid, diuretik tiasid, kontrasepsi oral.

Redinger RN. Di Amerika Serikat, sekitar sepertiga penduduk usia 20 sampai 74 tahun tergolong dalam kelompok obes. Tidak ada ketonemia. Pengkajian secara rinci adalah sebagai berikut a.

Download Laporan Pendahuluan / LP Diabetes Mellitus (DM) lengkap dalam bentuk PDF dan Ms.word

Polidipsi banyak minum Hal ini disebabkan pembakaran terlalu banyak dan kehilangan cairan banyak karena poliuri, sehingga darah mengaktivasi pusat haus di hipotalamus untuk mengimbangi klien lebih banyak minum.

Gejala klinis berupa polineuropati dan retinopati berkaitan dengan akumulasi fruktosa dan sorbitol.

Patofisiologi Dm

Mekanisme penyampaian informasi ke pusat kendali di hipothalamus. Laboratorium darah: Reseptor leptin ditemukan dalam beberapa bentuk. DM Tipe 2 adalah hasil interaksi faktor genetik dan keterpaparan lingkungan. Penurunan berat badan yang parah dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuh dan dapat mengakibatkan konsekuensi yang serius, termasuk gangguan saat penyembuhan dan respon imun, melemahnya kekuatan otot, kegagalan fungsi ginjal, dan bahkan kematian.9/8/ · Meskipun terjadi gangguan sekresi insulin yang merupakan ciri khas DM tipe II, namun masih terdapat insulin dengan jumlah yang adekuat untuk mencegah pemecahan lemak dan produksi badan keton yang menyertainya.

Karena itu ketoasidosis diabetik tidak terjadi pada diabetes tipe II. · Pada lansia cenderung terjadi peningkatan berat badan, bukan karena mengkonsumsi kalori berlebih namun karena perubahan rasio lemak-otot dan penurunan laju metabolisme basal.

Hal ini dapat menjadi faktor predisposisi terjadinya diabetes mellitus.

Mengapa Pankreas Tidak Dapat Menghasilkan Insulin

Penyebab diabetes mellitus pada lansia secara umum dapat digolongkan ke dalam dua besar:5/5. DM tipe 2 mempunyai onset pada usia pertengahan (an tahun), atau lebih tua lagi, dan cenderung tidak berkembang ke arah ketosis. Kebanyakan pengidapnya memiliki berat badan lebih.

Pada DM tipe 2 ini gejala muncul perlahan-lahan dan biasanya ringan (kadang-kadang, bahkan belum menampakkan gejala selama bertahun-tahun). Diabetes mellitus (DM) merupakan kelainan metabolic dimana ditemukan ketidakmampuan untuk mengoksidasi karbohidrat, akibat gangguan pada mekanisme insulin yang normal, menimbulkan hiperglikemia, glikosuria, poliuria, rasa haus, rasa lapar, badan kurus, kelemahan, asidosis, sering menyebabkan dispnea, lipemia, ketonuria hingga koma (Dorland: ).Author: Anita Simanungkalit.

@uptan dan hah () menyatakan bah"a gejala penyakit diabetes mellitus yang diserta disertaii oleh tuberk tuberkulo ulosis sis paru paru penyak penyakit it akan akan saling saling menutu menutupi$ pi$ di antaran antaranya ya pada pada kedua kedua penyakit tersebut se!ara bersamaan bers amaan terdapat penurunan berat badan$ kehilangan nafsu Author: Ray Naldo.

Patofisiologi Terjadinya Diabetes mellitus Tipe 2 Selain itu bersamaan dengan lipolisis menyebabkan penurunan berat badan.6) 8) Pada diabetes mellitus tipe 2 terjadi apa yang disebut dengan defisiensi insulin relative, di mana terjadi resistensi insulin perifer, disertai dengan adanya gangguan produksi insulin oleh sell beta pankreas Author: My1stblog.

Patofisiologi penurunan berat badan pada dm
Rated 5/5 based on 37 review